Jumat, 12 April 2013

Etika Internet

Anda tidak dapat mengharapkan bahwa email anda aman. Satu-satunya hal yang dapat anda harapkan adalah bahwa setiap orang hendaknya bersikap memperhatikan saja urusannya sendiri-sendiri dan tidak usil mengintip rekening atau membaca isi surat pribadi orang lain. Setiap orang hendaknya tunduk pada kewajiban moral dan etika untuk menghargai milik dan permintaan orang lain. Kesopanan yang umum adalah menahan diri untuk tidak meneruskan surat elektronik pribadi kepada siapapun tanpa memperoleh izin dari penulisnya. Sebagai contoh,anda harus berhati-hati ketika menjawab sebuah pesan yang dikirimkan kepada anda secara pribadi-anda mungkin ingin mengirimkan pula tembusannya pada orang lain dalam jawaban surat anda. Tetapi camkanlah bahwa si pengirim pesan semula mungkin tak menginginkan kata-katanya diteruskan pada orang lain.

Karena begitu mudahnya mengirimkan informasi,anda mungkin tergoda untuknmenyiarkan pesan anda ke seluruh dunia. Tetapi, perlu anda sadari bahwa meskipun anda bebas mengeposkan dan meng-email-kan segala sesuatu, anda diharapkan untuk tidak menyalah gunakan keistimewaan ini dengan bersikap kurang peduli.
Dengan kata lain,bersikaplah selektif dalam memilih newsgroup dan list email yang akan menerima pesan anda. Ada banyak kasus yang terjadi seperti seorang nabi gadungan fanatik yang mengirimkan pesan " dunia kiamat " (atau sejenisnya) kepada setiap newsgroup dan email list yang dapat ia peroleh. Walaupun akibat buruknya tampak tak seberapa hanyalah sebuah informasi elektronik, bukan? - bagi banyak orang dan organisasi di daerah terpencil dan luar negeri, mereka harus membayar ongkos tambahan lalu lintas informasi dan waktu onlinenya. Pertimbangan ini juga berlaku bagi surat menyurat pribadi anda. Sungguh bijaksana untuk mengetahui terlebih dahulu keadaan ketersambungan lokal penerimaan pesan anda sebelum anda menghujani dengan sejumlah besar file atau pesan email.

IKLAN. Dalam alam nyata,kita terus dihujani aneka iklan yang licikndan mengjengkelkan, kemanapun kita pergi. kita sudah terbiasa dengannya, dan kita tidak lagi ambil pusing terhadap program tv atau radio yang terputus dengan kata " pesan dari sponsor kami ". Tetapi,pada internet pengiklanan langsung di pandang oleh banyak pengguna sebagai tidak sopan dan pelanggaran terhadap hak seorang. Ini ada alasannyan pengguna awal internet, yaitu para peneliti dan ilmuan, menganggap rendah swa-promosi dan lebih suka meninjau ulang dan mempromosikan berbagai produk serta informasi dengan gaya ilmiah.
Alasan kedua berhubungan dengan kebijakan AUP (National Science foundation's acceptable use policy) untuk NSFNET yang pernah melarang kegiatan periklanan dan komersial secara mencolok pada  berbagai jaringan yang dibiayai pemerintah Amerika Serikat. Dalam banyak hal kebijakan AUP itu kini tidak lagi berlaku sejak menjamurnya jaringan internet komersial,tetapi kebijakan ini tetap terus berlaku.
Masih banyak cara untuk menyampaikan pesan perusahaan anda melalui berbagai saluran pasif (seperti menyediakan layanan informasi umum). berhati-hatilah, anda sedang bermain api jika memprakarsai sebuah kampanye email langsung; anda mungkin akan terbakar sejenak, tetapi mungkin lebih banyak rugi dari pada untungnya bagi reputasi anda.

Pasal ini tidak dapat meliputi aspek perilaku santun pada internet. Tetapi secara umum anda haruslah bersandar pada aturan dan pertimbangan yang bijaksana.
Setelah sekarang mengetahui cara menggunakan internet untuk berkomunikasi, anda akan segera terbiasa dengan email dan konferensi, LISTSERV, dan mengobrol. Dan tidak diragukan lagi anda akan siap menjelajahi alam sumber daya informasi mencengangkan yang telah kita bicarakan ini.


Judul asli : Tracy LaQuey,Internet Companion
A Beginner's Guide to Global Networking

Copyright 1994 by Tracy LaQuey and Editorial Inc.
Artwork Copyright 1993 by Editorial Inc. First published by Addison Wesley Publishing Company, Inc, Reading, Massachusett, USA

Penerjemah : Drs. Hans J. Wospakrik - ITB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar